Selasa, 29 Oktober 2013

pertemuan 2


                                     PERTEMUAN 2

MODELING WEB APLICATIONS

Spesifikasi Model Web Applications
1.LEVELS
Dibedakan tiga tingkat yaitu Content, hypertext, dan presentation
2. ASPECTS
 Mengikuti prinsip-prinsip berorientasi objek, struktur dan dimodelkan pada masing-masing     tiga tingkat, yaitu pada konten, hypertext dan presentasi.
3. PHASES
 Urutan langkah-langkah pemodelan tergantung pada jenis aplikasi Web
4. Customization
Customization mempertimbangkan konteks, misalnya, pengguna, karakteristik perangkat, atau pembatasan bandwidth, yang memungkinkan untuk beradaptasi dengan aplikasi Web.

METHODE dan TOOLS Metode tersedia untuk pemodelan aplikasi Web yang biasanya didasarkan pada metode tradisional, seperti sebagai ER, atau mereka meningkatkan bahasa pemodelan berorientasi objek, misalnya, UML. Metode Pemodelan mengikuti paradigma yang berbeda, tergantung pada asal mereka dan fokus:
1.Data-oriented methods
2. Hypertext-oriented methods
3. Object-oriented methods
4. Software-oriented methods

Untuk pengembangan aplikasi web dalam pemilihan Tools menggunakan alat yang mendukung tidak hanya model itu sendiri, tetapi terutama juga otomatisasi, misalnya: 

1.WebRatio Site Development Studio merupakan pengembangan model berbasis alat yang dibangun di Web Modeling Language (WebML)
Alat ini menggunakan notasi sendiri untuk pemodelan hypertext dan tambahan mendukung notasi dan UML. Code generator alat ini menggunakan XSL untuk mengubah isi dan hypertext model yang direpresentasikan dalam XML ke dalam representasi basis data yang diperlukan dan database koneksi serta komponen perangkat lunak dan format output (HTML, WML,PDF, Microsoft Word).
WebRatio menggunakan utilitas bernama EasyStyle untuk menghasilkan presentasi halaman, yang akan mengubah notasi halaman ke stylesheet XSL secara otomatis tanpa kegiatan pemrograman tambahan.
Aplikasi Web yang dihasilkan oleh WebRatio adalah ditempatkan dalam kerangka runtime didasarkan pada seperangkat komponen Java, yang dapat dikonfigurasi dengan menggunakan file XML.

VisualWADE
Alat VisualWADE didasarkan pada metode OO-H. Alat ini mendukung pemodelan dan aplikasi generasi otomatis berbasis pada XML, ASP, JSP, dan PHP. VisualWADE menambah model UML dengan dua model tambahan:
1. Navigasi
2. Presentasi

OpenUWE
OpenUWE adalah sebuah lingkungan pengembangan untuk desain dan generasi aplikasi Web menggunakan metodologi UWE.

WEB APLICATION ARCHITECTURE Ada beberapa pengertian menyangkut arsitektur:
1.Arsitektur menjelaskan struktur, arsitektur dari sistem perangkat lunak terdiri dari       strukturnya, dekomposisi ke dalam komponen, dan hubungan antarmuka.
2.Arsitektur membentuk transisi dari analisis terhadap implementasi.
3.Architecture dilihat dari sudut pandang yang berbeda, yaitu:
- a. Pandangan konseptual, yang mengidentifikasi entitas dari domain aplikasidan hubungan.
- b. Pandangan runtime, yang menggambarkan komponen di runtime system. pandangan proses, peta  proses pada sistem runtime.
- c. Peta proses pada sistem runtime, melihat aspek seperti sinkronisasi dan   concurrency. d. Pandangan implementasi, yang menggambarkan artefak perangkat lunak sistem.
4.Arsitektur membuat sistem dimengerti.
5.Arsitektur merupakan kerangka untuk sistem yang fleksibel.



Developing Architectures
1.Pola
 Menjelaskan permasalahan desain berulang yang timbul dalam konteks desain yang spesifik.
Buschmann et al. (1996) mengidentifikasi pola pada tiga tingkat abstraksi yang berbeda:
a. Arsitektur pola
b. Desain pola
c. Idiom

2. Frameworks
Sebagai cetak biru untuk arsitektur dasar dan fungsi-fungsi dasar untuk suatu bidang tertentu dari aplikasi.

3. Pengkategorian Arsitektur
Anastopoulos dan Romberg(2001) serta Bongio dkk (2003) menggambarkan arsitektur untuk lingkungan aplikasi Web, mengambil aspek layering dari arsitektur, atau dukungan data yang berbeda dan format data - data aspek arsitektur , yaitu:
a. Aspek Layering
b. Aspek Data

Peningkatan sistem perangkat lunak terdistribusi telah menyebabkan perkembangan arsitektur dan menangani infrastruktur distribusi data dan pesan:
a.Distributed Objsect Middleware (DOM)
b.Virtual Shared Memory (VSM)
c. Message Berorientasi Middleware (MOM)
d. Peer to Peer (P2P)
e. Service Oriented Middleware (SOM)

A.     Hypertext dan Hypermedia
Hypertext dipahami sebagai organisasi dari interkoneksi unit informasi tunggal dimana hubungan antara unit-unit ini dapat dinyatakan oleh link dengan inti konsep dasarnya World Wide Web.
 
      B. Komunikasi Client/Server
a. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
b. RTSP (Real Time Streaming Protocol)
c. HTTP (HyperText Transfer Protocol)

      C. Bagian Pelacakan
a. Penulisan Ulang URL
b. Cookie
c. Penggunaan Skenario

      D. Teknologi Dokumen yang Spesifik
a.HTML - Hypertext Markup Language
b.SVG - Scalable Vector Graphics
c.SMIL - Synchronized Multimedia Integration Language
e.XML - eXtensible Markup Language

Tidak ada komentar:

Posting Komentar