PERTEMUAN
2
MODELING WEB
APLICATIONS
Spesifikasi Model Web Applications
1.LEVELS
Dibedakan tiga tingkat yaitu Content, hypertext,
dan presentation
2. ASPECTS
Mengikuti prinsip-prinsip berorientasi objek, struktur dan
dimodelkan pada masing-masing tiga
tingkat, yaitu pada konten, hypertext dan presentasi.
3.
PHASES
Urutan langkah-langkah pemodelan tergantung
pada jenis aplikasi Web
4. Customization
Customization mempertimbangkan
konteks, misalnya, pengguna, karakteristik perangkat, atau pembatasan
bandwidth, yang memungkinkan untuk beradaptasi dengan aplikasi Web.
METHODE dan TOOLS
Metode tersedia untuk pemodelan aplikasi Web yang biasanya didasarkan pada
metode tradisional, seperti sebagai ER, atau mereka meningkatkan bahasa
pemodelan berorientasi objek, misalnya, UML. Metode Pemodelan mengikuti
paradigma yang berbeda, tergantung pada asal mereka dan fokus:
1.Data-oriented
methods
2. Hypertext-oriented
methods
3. Object-oriented
methods
4. Software-oriented methods
Untuk pengembangan
aplikasi web dalam pemilihan Tools menggunakan alat yang mendukung tidak hanya
model itu sendiri, tetapi terutama juga otomatisasi, misalnya:
1.WebRatio Site
Development Studio merupakan
pengembangan model berbasis alat yang dibangun di Web Modeling Language (WebML)
Alat ini menggunakan
notasi sendiri untuk pemodelan hypertext dan tambahan mendukung notasi dan UML.
Code generator alat ini menggunakan XSL untuk mengubah isi dan hypertext model
yang direpresentasikan dalam XML ke dalam representasi basis data yang
diperlukan dan database koneksi serta komponen perangkat lunak dan format
output (HTML, WML,PDF, Microsoft Word).
WebRatio menggunakan
utilitas bernama EasyStyle untuk menghasilkan presentasi halaman, yang akan
mengubah notasi halaman ke stylesheet XSL secara otomatis tanpa kegiatan
pemrograman tambahan.
Aplikasi Web yang
dihasilkan oleh WebRatio adalah ditempatkan dalam kerangka runtime didasarkan
pada seperangkat komponen Java, yang dapat dikonfigurasi dengan menggunakan
file XML.
VisualWADE
Alat VisualWADE
didasarkan pada metode OO-H. Alat ini mendukung pemodelan dan aplikasi generasi
otomatis berbasis pada XML, ASP, JSP, dan PHP. VisualWADE menambah model UML
dengan dua model tambahan:
1. Navigasi
2. Presentasi
OpenUWE
OpenUWE adalah sebuah lingkungan
pengembangan untuk desain dan generasi aplikasi Web menggunakan metodologi UWE.
WEB APLICATION ARCHITECTURE Ada beberapa
pengertian menyangkut arsitektur:
1.Arsitektur
menjelaskan struktur, arsitektur dari sistem perangkat lunak terdiri dari strukturnya, dekomposisi ke dalam
komponen, dan hubungan antarmuka.
2.Arsitektur
membentuk transisi dari analisis terhadap implementasi.
3.Architecture
dilihat dari sudut pandang yang berbeda, yaitu:
- a. Pandangan konseptual, yang mengidentifikasi entitas dari domain
aplikasidan hubungan.
- b. Pandangan runtime, yang menggambarkan komponen di runtime system.
pandangan proses, peta proses pada sistem runtime.
- c. Peta proses pada sistem runtime, melihat aspek seperti sinkronisasi
dan concurrency. d. Pandangan
implementasi, yang menggambarkan artefak perangkat lunak sistem.
4.Arsitektur
membuat sistem dimengerti.
5.Arsitektur
merupakan kerangka untuk sistem yang fleksibel.
Developing Architectures
1.Pola
Menjelaskan permasalahan desain berulang yang
timbul dalam konteks desain yang spesifik.
Buschmann et al. (1996) mengidentifikasi pola
pada tiga tingkat abstraksi yang berbeda:
a. Arsitektur pola
b. Desain pola
c. Idiom
2. Frameworks
Sebagai cetak biru
untuk arsitektur dasar dan fungsi-fungsi dasar untuk suatu bidang tertentu dari
aplikasi.
3. Pengkategorian Arsitektur
Anastopoulos dan Romberg(2001) serta
Bongio dkk (2003) menggambarkan arsitektur untuk lingkungan aplikasi Web,
mengambil aspek layering dari arsitektur, atau dukungan data yang berbeda dan
format data - data aspek arsitektur , yaitu:
a. Aspek Layering
b. Aspek Data
Peningkatan sistem perangkat lunak terdistribusi
telah menyebabkan perkembangan arsitektur dan menangani infrastruktur
distribusi data dan pesan:
a.Distributed Objsect
Middleware (DOM)
b.Virtual Shared
Memory (VSM)
c. Message
Berorientasi Middleware (MOM)
d. Peer to Peer (P2P)
e. Service Oriented
Middleware (SOM)
A.
Hypertext dan Hypermedia
Hypertext dipahami
sebagai organisasi dari interkoneksi unit informasi tunggal dimana hubungan
antara unit-unit ini dapat dinyatakan oleh link dengan inti konsep dasarnya
World Wide Web.
B.
Komunikasi Client/Server
a. SMTP (Simple Mail
Transfer Protocol)
b. RTSP (Real Time
Streaming Protocol)
c. HTTP (HyperText
Transfer Protocol)
C. Bagian Pelacakan
a. Penulisan Ulang
URL
b. Cookie
c. Penggunaan Skenario
D.
Teknologi Dokumen yang Spesifik
a.HTML - Hypertext
Markup Language
b.SVG - Scalable
Vector Graphics
c.SMIL - Synchronized
Multimedia Integration Language
e.XML - eXtensible
Markup Language
Tidak ada komentar:
Posting Komentar