Pertemuan 1
TERMINOLOGI PERANCANGAN WEB
TERMINOLOGI
WEB DESIGN adalah seni dan proses dalam menciptakan
halaman web tunggal atau keseluruhan dan bisa melibatkan estetika dan seluk
beluk mekanis dari suatu operasi situs web walaupun yang yang utama memusatkan
pada look dan feel dari situs web tersebut.
WEB ENGINEERING
adalah aplikasi pendekatan
sistematis dan terukur (konsep, metode, teknik, alat) untuk biaya-efektif
sebagai syarat analisis, implementasi, desain, pengujian, pengoperasian, dan
pemeliharaan aplikasi web berkualitas tinggi.
Mood adalah dasar dari sebuah desain untuk memberikan pesan kepada
pengunjung mengenai perasaan dari situs tersebut, tampilan situs bisa membawa
rasa sedih.
DESAINER WEB adalah orang yang bertugas mendesain halaman web
yang menentukan look dan feel yang mempunyai kemampuan mencari dan menentukan
ide dan kemudian mengolahnya dalam pikiran, menggunakan ide secara efektif,
menentukan nilai dari ide tersebut, menempatkan dengan benar dan memakainya
dengan tepat.
WEB DESIGN dapat didefinisikan sebagai:
1.Pemrograman yang
berfungsi sebagai back-end dari situs
2.Pengembangan
tampilan front-end Fungsi Situs Web
1.Fungsi
Komunikasi
2.Fungsi informasi
3.Fungsi
entertainment
4.Fungsi transaksi
Jenis situs web yang dikelompokkan sesuai tujuan:
1.Alat Pemasaran
2.Nilai Tambah
3.Katalog
4.E-Commerce
5.E-Learning
6.Komunitas
7.Portal
8.Personal
Kategori dari Web Aplications:
1.Document Centric
: static homepage, web radio, company website.
2.Interactive :
virtual exhibition, news site, time table information.
3.Transactional :
online banking, online shopping, booking system.
4.Workfloe-based :
e-government, B2B solution, patient workflow
5.Collaborative :
chatroom, e-learning platform, P2P services
6.Ubiquitous :
customized services, location-aware service
7.Semantic Web :
reommender system, syndication, knowledge management.
8.Social Web :
weblogs, collaborative filtering, virtual shared workspace.
Product-Related
Characteristic
Merupakan blok utama
dari aplikasi Web, yang terdiri dari:
a.Content
Document-centric
character and multimediality disini struktur yang disediakan sebagai tabel,
teks, grafik, animasi, video, audio.
b. Hypertextual structure (navigational
structure)
Elemen dasar model
hypertext adalah node, link dan jangkar.
Fitur penting dari
paradigma hypertext adalah Non-linearity, Disorientation and cognitive
overload.
c. Presentation (user interface)
Ada 2 fitur utama:
1. Aesthetics
2. Self-explanation
Usage-related
Characteristics
Dibagi dalam 3 bagian yaitu:
1.Social Context:
Users
Mengacu pada aspek pengguna tertentu seperti
Spontaneity dan Multiculturality
2.Technical Context:
Network and Devices
Konteks teknis yang terdiri dari properti
yang berhubungan dengan koneksi jaringan
3.Natural Context:
Location and Time
Mencakup
aspek lokasi dan waktu akses.
Development-related
Characteristic
Pengembangan aplikasi
Web ini ditandai oleh sumber daya yang diperlukan:
1.The Development
Team
2.Technical
Infrastructure
3.Process
4.Integration
Evolution
Evolusi merupakan
karakteristik yang mengatur semua tiga dimensi produk, penggunaan dan pengembangan.
Kebutuhan akan evolusi dapat dikatakan untuk:
1.Continuous
change
2.Competitive
pressure
3.Fast pace
Tujuan awal
penciptaan dari web adalah untuk memfasilitasi dan mempermudah berbagi
informasi antara beberapa ilmuwan menggunakan situs Web sederhana yang terutama
terdiri dari dokumen teks hyperlink.
Kontribusi dari masing-masing disiplin ilmu ini
pada evolusi dan pertumbuhan dari Web adalah:
a. Media: integrasi
dari berbagai jenis media seperti data, teks, grafik, gambar, audio dan video,
dan presentasi (animasi, visualisasi 3D); jenis interaksi dan saluran
komunikasi (satu-ke-satu, satu-ke-banyak,banyak-ke-satu, dan banyak-ke-banyak).
b. Informasi ilmu:
informasi organisasi, presentasi, indexing, retrieval, agregasi, manajemen,
kolaboratif dan pembuatan konten.
c. Informasi dan teknologi komunikasi
dan jaringan: efisien dan costeffective penyimpanan, pengambilan, pengolahan,
dan penyajian informasi; infrastruktur yang memfasilitasi transfer dan berbagi
data dan informasi; kabel dan komunikasi internet nirkabel, aplikasi Web
pribadi.
Spesifikasi WEB
1.
Multidisciplinarity
2. Unavailability
of Stakeholders
3. Persyaratan
volatilitas dan kendala.
4. Lingkungan
Operational yang sulit diprediksi
5. Dampak Sistem
Legacy
6. Aspek Kualitas
7. Kualitas Antar
muka Pengguna
8. Pengembang yang
kurang berpengalaman
9. Tanggal Pengiriman
PRINSIP-PRINSIP
PENGEMBANGAN APLIKASI WEB
1.Memahami Konteks
Sistem
2. Melibatkan
Stakeholder
3. Iterative Definition
4. Fokus pada
Arsitektur Sistem
5. Risiko Orientasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar