Senin, 28 Oktober 2013

Pertemuan 1

TERMINOLOGI PERANCANGAN WEB
TERMINOLOGI

WEB DESIGN adalah seni dan proses dalam menciptakan halaman web tunggal atau keseluruhan dan bisa melibatkan estetika dan seluk beluk mekanis dari suatu operasi situs web walaupun yang yang utama memusatkan pada look dan feel dari situs web tersebut.
WEB ENGINEERING adalah aplikasi pendekatan sistematis dan terukur (konsep, metode, teknik, alat) untuk biaya-efektif sebagai syarat analisis, implementasi, desain, pengujian, pengoperasian, dan pemeliharaan aplikasi web berkualitas tinggi.
Mood adalah dasar dari sebuah desain untuk memberikan pesan kepada pengunjung mengenai perasaan dari situs tersebut, tampilan situs bisa membawa rasa sedih.

DESAINER WEB adalah orang yang bertugas mendesain halaman web yang menentukan look dan feel yang mempunyai kemampuan mencari dan menentukan ide dan kemudian mengolahnya dalam pikiran, menggunakan ide secara efektif, menentukan nilai dari ide tersebut, menempatkan dengan benar dan memakainya dengan tepat.

WEB DESIGN dapat didefinisikan sebagai:
1.Pemrograman yang berfungsi sebagai back-end dari situs
2.Pengembangan tampilan front-end Fungsi Situs Web
1.Fungsi Komunikasi
2.Fungsi informasi
3.Fungsi entertainment
4.Fungsi transaksi

Jenis situs web yang dikelompokkan sesuai tujuan:
1.Alat Pemasaran
2.Nilai Tambah
3.Katalog
4.E-Commerce
5.E-Learning
6.Komunitas
7.Portal
8.Personal

Kategori dari Web Aplications:
1.Document Centric : static homepage, web radio, company website.
2.Interactive : virtual exhibition, news site, time table information.
3.Transactional : online banking, online shopping, booking system.
4.Workfloe-based : e-government, B2B solution, patient workflow
5.Collaborative : chatroom, e-learning platform, P2P services
6.Ubiquitous : customized services, location-aware service
7.Semantic Web : reommender system, syndication, knowledge management.
8.Social Web : weblogs, collaborative filtering, virtual shared workspace.

Product-Related Characteristic
Merupakan blok utama dari aplikasi Web, yang terdiri dari:
a.Content
Document-centric character and multimediality disini struktur yang disediakan sebagai tabel, teks, grafik, animasi, video, audio.

b. Hypertextual structure (navigational structure)
Elemen dasar model hypertext adalah node, link dan jangkar.
Fitur penting dari paradigma hypertext adalah Non-linearity, Disorientation and cognitive overload.

c. Presentation (user interface)
Ada 2 fitur utama:
1. Aesthetics
2. Self-explanation

Usage-related Characteristics
Dibagi dalam 3 bagian yaitu:

1.Social Context: Users
   Mengacu pada aspek pengguna tertentu seperti Spontaneity dan Multiculturality
2.Technical Context: Network and Devices    
   Konteks teknis yang terdiri dari properti yang berhubungan dengan koneksi jaringan
3.Natural Context: Location and Time
   Mencakup aspek lokasi dan waktu akses.

Development-related Characteristic
Pengembangan aplikasi Web ini ditandai oleh sumber daya yang diperlukan:
1.The Development Team
2.Technical Infrastructure
3.Process
4.Integration

Evolution
Evolusi merupakan karakteristik yang mengatur semua tiga dimensi produk, penggunaan dan pengembangan.
Kebutuhan akan evolusi dapat dikatakan untuk:
1.Continuous change
2.Competitive pressure
3.Fast pace
Tujuan awal penciptaan dari web adalah untuk memfasilitasi dan mempermudah berbagi informasi antara beberapa ilmuwan menggunakan situs Web sederhana yang terutama terdiri dari dokumen teks hyperlink.

Kontribusi dari masing-masing disiplin ilmu ini pada evolusi dan pertumbuhan dari Web adalah:
a. Media: integrasi dari berbagai jenis media seperti data, teks, grafik, gambar, audio dan video, dan presentasi (animasi, visualisasi 3D); jenis interaksi dan saluran komunikasi (satu-ke-satu, satu-ke-banyak,banyak-ke-satu, dan banyak-ke-banyak).

b. Informasi ilmu: informasi organisasi, presentasi, indexing, retrieval, agregasi, manajemen, kolaboratif dan pembuatan konten.

c. Informasi dan teknologi komunikasi dan jaringan: efisien dan costeffective penyimpanan, pengambilan, pengolahan, dan penyajian informasi; infrastruktur yang memfasilitasi transfer dan berbagi data dan informasi; kabel dan komunikasi internet nirkabel, aplikasi Web pribadi.

Spesifikasi WEB
1. Multidisciplinarity
2. Unavailability of Stakeholders
3. Persyaratan volatilitas dan kendala.
4. Lingkungan Operational yang sulit diprediksi
5. Dampak Sistem Legacy
6. Aspek Kualitas
7. Kualitas Antar muka Pengguna
8. Pengembang yang kurang berpengalaman
9. Tanggal Pengiriman

PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN APLIKASI WEB
1.Memahami Konteks Sistem
2. Melibatkan Stakeholder
3. Iterative Definition
4. Fokus pada Arsitektur Sistem
5. Risiko Orientasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar